View Bromo dari Bukit Kingkong
View Bromo

Sekarang ini jumlah wisatawan Gunung Bromo meningkat pesat, baik itu turis manca maupun turis domestik. Ada dua tipe Pengunjung Bromo, yaitu pengunjung yang pertama kali ke Bromo atau pengunjung yang sudah pernah mengunjungi Bromo dan ingin menikmati keindahan panorama Bromo lagi. Nah khusus yang tipe kedua ini biasanya ingin menjelajah destinasi sekitar Bromo yang memang tidak selalu dikunjungi oleh para wisatawan Bromo. Mungkin para pengunjung ingin melihat keindahan alam di sekitar Bromo selain Penanjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Savana atau Bukit Teletubbies. Kali ini Kami ingin berbagi informasi mengenai salah satu destinasi menarik di sekitar Bromo.

 

View Savana dari Jemplang
View Savana dari Jemplang

Destinasi yang kami maksud yaitu Air Terjun Coban Pelangi. Coban ini Terletak di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kalau dari Bromo membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Dari Bromo melewati jalur Jemplang dan Desa Ngadas. Sesampainya di Jemplang, anda bisa break sebentar, karena anda akan melihat keindahan bentangan savana Bromo dari sisi lain. dari lokasi ini juga anda akan melihat kemegahan puncak Mahameru yang begitu ggagah. Jalan menuju lokasi cukup sempit dan berliku, namun kondisi jalan lumayan bagus. Maka disarankan menggunakan Jeep Bromo, karena drivernya lebih hafal medan, dan mobil memiliki power yang lebih besar. Lokasi parkir air terjun tepat di tepi jalan Bromo – Malang.

 

Coban Pelangi
Coban Pelangi

Dari lokasi parkir, kita harus berjalan kaki kira-kira 1 km. Jika kita berjalan dan menemukan jembatan dari kayu, berarti air terjun sudah semakin dekat. Sepanjang mata memandang sekeliling hanya hijau – hijauan yang memanjakan mata. Air terjun yang air nya sangat deras menambah kesejukan. Ketika sampai lokasi kita akan melihat keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa ini dengan rasa takjup. Coban Pelangi memiliki ketinggian kurang lebih 90 mtr, dan airnya sangat jernih. Kemudian jika beruntung dan sedang berkunjung siang hari, pelangi yang tampak tepat dibawah air terjun akan menambah eksotisme Coban Pelangi. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius. Lokasi ini biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, atau hanya sekedar cuci muka, selfie, dan keseruan lainnya.

 

 

Peta dan Koordinat GPS: 8° 1′ 32.27″ S 112° 49′ 1.06″ E

Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk adalah Rp.7.000,-/orang dan biaya parkir adalah Rp 2000 (roda 2) dan Rp 5000 (roda 4)

Fasilitas di sekitar lokasi: Toilet umum, Musholla, Warung Makan.