SEWA JEEP BROMO MURAH 2019 DARI PINTU MASUK – Untuk mengunjungi dan menikmati keindahan Bromo ada beberapa cara.  Anda bisa memesan travel atau jasa tour untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Tapi akan lebih hemat jika anda datang sendiri ke area pintu masuk Bromo atau dari Kota Malang dan hanya memerlukan jasa sewa jeep bromo saja. Hal ini lumayan berhemat lebih banyak dibanding harus menggunakan jasa tour travel. Berikut kami sampaikan daftar tarif atau harga sewa Jeep Bromo:

 

sewa jeep bromo

SEWA JEEP BROMO DARI AREA PINTU MASUK BROMO:

Berikut informasi dan pilihan harga sewa Jeep Bromo baik dari area pintu masuk Bromo atau dari area lain:

A. SEWA JEEP BROMO DARI CEMORO LAWANG/SUKAPURA (PROBOLINGGO), detail klik disini

  • Penanjakan 2 – Kawah Bromo : Rp. 475.000
  • Penanjakan 2 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana (Bukit Teletubbies) : Rp. 600.000
  • Area Penanjakan 1 – Kawah Bromo : Rp. 525.000
  • Area Penanjakan 1 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana (Bukit Teletubbies) : Rp. 650.000

B. SEWA JEEP BROMO DARI WONOKITRI (PASURUAN), detail klik disini

  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo : Rp. 525.000
  • Penanjakan 1 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana (Bukit Teletubbies) : Rp. 650.000

SEWA JEEP BROMO DARI MALANG (RUTE TERLENGKAP), detail klik disini

  • Malang – Penanjakan 1 – Bromo – Pasir Berbisik – Savanna – Malang : Rp. 1.200.000
  • Malang – Penanjakan 1 – Bromo – Pasir Berbisik – Savanna – Coban Pelangi – Malang : Rp. 1.250.000
  • Malang – Penanjakan 1 – Bromo – Pasir Berbisik – Savana – Surabaya : Rp.1.550.000
  • Malang – Penanjakan 1 – Bromo – Surabaya : Rp.1.450.000
  • Malang – Penanjakan 2 – Bromo – Pasir Berbisik – Savana – Air Terjun Madakaripura – Malang : Rp. 1.400.000

D. SEWA JEEP BROMO DARI SURABAYA detail klik disini

  • Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Surabaya (Juanda) : Rp.1.650.000
  • Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Malang : Rp.1.550.000

F. TRANSPORT SEMERU (RANUPANE)

  • Malang – Ranupane : Rp. 800.000
  • Malang – Ranupane (antar-jemput) : Rp.1.500.000

NB: Harga bisa berubah pada waktu libur panjang atau high season
*Kapasitas 1 jeep maksimal 6 orang
*Beda Penanjakan 1 dan 2 : Penanjakan 1 lokasi lebih tinggi, view lebih bagus, fasilitas seperti warung dan toilet lebih lengkap dibandingkan Penanjakan 2

 

 

INFO BROMO:

Gunung Bromo merupakan gunung vulkanik masih aktif sampai saat ini. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan air laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Di tengah-tengah gunung Bromo terdapat kawah yang berbentuk seperti sumur dan mengeluarkan asap vulkanik. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.
Sewa Jeep Bromo dari pintu masuk _ Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter. Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, daerah Tengger merupakan kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Kawasan hutan ini berfungsi sebagai hutan lindung dan hutan produksi. Melihat berbagai fungsi tersebut, Kongres Taman Nasional Sedunia mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional dalam pertemuan yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada tanggal 14 Oktober 1982 atas pertimbangan alam dan lingkungannya yang perlu dilindungi serta bermacam-macam potensi tradisional kuno yang perlu terus dikembangkan. Pada tanggal 12 November 1992, pemerintah Indonesia meresmikan kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi taman nasional.

DESTINASI ATAU SPOT UTAMA DI BROMO
Wisata gunung bromo merupakan wisata yang sangat komplit karena banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Berikut destinasi utama yang bisa kita nikmati di kawasan gunung bromo.
Destinasi Bromo – Spot Sunrise di Bromo;
Penanjakan 1
Penanjakan 1 terletak di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Spot sunrie ini berada pada ketinggian 2.2770 mdpl (meter diatas permukaan air laut). Lokasi ini merupakan lokasi pilihan terfavorit bagi para wisatawan yang inigin melihat keindahan sunrise Bromo dan pemandangan Bromo yang sangat eksotis. Di lokasi ini juga disediakan beberapa fasilitas bagi pengunjung sperti warung-warung, toilet, musola, dan lain-lain. Karena lokasi ini merupakan spot terfavorit, maka anda harus berangkat lebih awal supaya jeep yang anda sewa bisa mencapai lokasi parkir terdekat di Penanjakan 1.

2. Penanjakan 2 (Seruni Point)
Penanjakan 2 atau sering dikenal dengan Seuni point merupakan spot sunrise alternatif dan tidak kalah dengan penanjakan 1. Seruni Point berlokasi di Desa Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Probolinggo. Beberapa pengunjung kadang lebih memilih Penanjakan 2 karena beberapa alasan, yaitu; cenderung lebih sepi dibanding penanjakan 1, sehingga bisa leluasa untuk mengambil gambar atau berfoto ria. Alasan kedua yaitu, kecenderungan penanjakan 1 lebih berkabut dibandingkan penanjakan 2, sehingga potensi untuk bisa melihat sunrise lebih bagus di penanjakan 2. alasan ketiga, secara view beberapa orang menilai view dari penanjakan 2 lebih bagus karena lokasi lebih rendah dan lebih dekat dengan kawasan gunung Bromo, sehingga lebih tampak jelas.

3. Bukit Kingkong (Kingkong Hill)
Bukit Kingkong lokasinya persis di bawah Penanjakan 1. Sama-sama terletak di Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. Bukit Kingkong mempunyai view dan panorama yang hampir sama dengan penanjakan 1. Saat ini Bukit Kingkong juga sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet, sehingga pengunjung merasa lebih nyaman ketika mengunjungi lokasi ini. Kalau untuk view sunrise mungkin masih lebih bagus di Penanjakan 1, tapai pemandangan Bromo, masih bagus di kawasan ini.
4. Bukit Cinta (Love Hill)
Jika hari libur atau akhir pekan, jumlah pengunjung Bromo sangat banyak, sehingga tidak mungkin semua pengunjung bisa ke Penanjakan 1, atau Bukit Kingkong. Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah menyiapkan dan menata lokasi ini sebagai spot alternatif sunrise. Jika anda datang sediki terlambat, maka jeep susah untuk bisa parkir mendekati Penanjakan 1 atau Bukit kingkong. Jika lokasi parkir jeep terlalu jauh dengan bukit kingkong atau Penanjakn 1, anda bisa jalan kaki atau sewa ojek untuk menuju penanjakan 1 atau bukit kingkong. Tapi jika anda kurang berkenan, jangan khawatir, anda bsa memilih Bukit Cinta saja. Di lokasi ini juga tetap bisa melihat sunrise Bromo, dan bisa menikmati panorama Gunung Bromo pada sisi yang berbeda. Di lokasi ini juga sudah disediakan warung-warung sehingga anda bisa menikmati secangkir kopi atau teh hangat sambil menunggu datangnya sunrise.
5. Simpang Dingklik
Simpang dingklik bromoLokasi ini merupakan simpang atau pertigaan pertemuan jalur jeep dari Wonokitri Pasuruan dengan Jeep yang berasal dari Jalur Probolinggo, Serta jeep dari jalur Malang. Hampir sama dengan Bukit Cinta, jika anda datangnya sedikit terlambat, dan jeep sudah tidak memungkinkan untuk parkir lebih ke atas, kami sarankan anda memilih lokasi ini saja. Sunrisenya lumayan bagus dan panorama bromo juga hampir sama dengan panorama yang di Bukit Cinta.
5. Bukit Mentigen

Bukit mentigen terletak di belakang hotel Lava View, Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo. Tidak terlalu banyak pengunjung yang tau lokasi ini, sehingga anda bisa menikmati lokasi ini secara tenang, karena pengunjung di sini relatif sedikit. jangan khawatir, disini anda juga bisa melihat sunrise yang bagus, serta pemandangan Bromo yang beda dengan yang lain.

Destinasi Bromo – Lembah Widodaren
Setelah menikmati sunrise bromo, kita akan turun menuju area kaldera bromo. Pertama kali masuk kawasan kaldera kita akan bisa melihat lereng gunung yang unik seperti di ukir yaitu gunung widodaren. Gunung Widodaren atau bukit widodaren memiliki ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut.
Destinasi Bromo – Gunung Batok
Gunung Batok (Mount Batok) merupakan salah satu gunung yang berada dalam kawasan kaldera Bromo. Gunung ini sangat unik, baik dari gunungnya maupun bentuk struktur tanahnya. Secara bentuk, gunung batok ini menyerupai Batok kelapa (Separo) yang dibalik. Bentuk struktur tanahnya juga sangat unik, terdiri dari banyak punggungan yang mengerucut menjadi satu. Kalau dilihat dari atas, Gunung Batok seakan-akan seperti Gunung yang diletakkan di lautan pasir Bromo. Gunung Batok mempunyai ketinggian 2.440 mdpl, tapi kalau kita ukur dari dasar gunung sampai puncak, gunung Batok mempunyai ketinggian kurang lebih 300 san meter. Lokasi Gunung Batok bersebelahan persis dengan Gunung Bromo. Banyak wisatawan yang mengira Gunung Batok ini sebagai Gunung Bromo, mungkin karena bentuknya yang unik.
Destinasi Bromo – Pura luhur Poten
Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah nan sakral bagi Suku Tengger yang menghuni kawasan Taman Nasional Bromo di Jawa Timur. Pura tersebut juga erat kaitannya dengan Upacara Yadya Kasada yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Pura Luhur Poten berdiri tahun 2000. Pura ini menjadi tempat pemujaan Dewa Brohmo (Dewa Brahma), yang menjadi manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Sang Pencipta. Nama Bromo sendiri diambil dari nama Dewa Brahma. Pura Luhur Poten terdiri dari beberapa bangunan yang ditata dalam suatu susunan komposisi di pekarangan yang dibagi menjadi tiga mandala/zone. Masing-masing Mandala Utama yaitu tempat pelaksanaan pemujaan persembahyangan yang di dalamnya sebuah Padma (tempat pemujaan), Mandala Madya (tengah) sebagai tempat persiapan dan pengiring upacara persembahyangan, Mandala Nista (depan) yaitu tempat peralihan dari luar ke dalam pura.
De

 

Gstinasi Bromo – Kawah dan Gunung Bromounung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan air laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Di tengah-tengah gunung Bromo terdapat kawah yang berbentuk seperti sumur dan mengeluarkan asap vulkanik.
Destinasi Bromo – Lautan Pasir/Pasir Berbisik
Lokasi ini merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan Bromo. Di lokasi ini ini kita disuguhkan padang pasir yang sangat luas, laksana kita berada di gurun pasir. Pasir disini berwarna abu-abu dari hasil muntahan dari kawah bromo. Lokasi ini juga disebut pasir berbisik karena lokasi ini pernah dipakai sebagai lokasi pembuatan film yang berjudul “Pasir Berbisik”. Di lokasi ini sangat jarang ditumbuhi tanaman, hanya ada satu atau 2 tanaman saja berupa rumput alang-alang dan cemara gunung. Di lokasi ini juga terdapat batu yang bentuknya seperti singa duduk, dan dinamakan batu singa (Lion Stone). Untuk wisatawan rombongan besar dan menggunakan kendaan jeep yang banyak, lokasi ini dijadikan lokasi foto bersama jeep karena lokasinya sangat luas.
Destinasi Bromo – Savana Bromo
Selain destinasi yang berupa gunung dan padang pasir, anda juga akan menikmati suasana yang berbeda ketika berada di padang savanna bromo. Padang savanna yang lumayan luas dan ditumbuhi beberapa tanaman yang mayoritas berupa tanaman pakis, alang, alang dan jenis rerumputan. Jika musim kemarau lokasi ini kering dan berwarna kecoklatan, kalua di musim penghujan lokasi ini berubah menjadi hijau dan segar,seperti kita berada di New Zealand.
Destinasi Bromo – Bukit Teletubies Bromo
Generasi 90 an pasti kenal dengan teletubbies. Serial tv anak-anak ini sering di putar di salah satu televisi swasta di Indonesia. Yang unik dari film ini adalah rumah teletubbies dan lapangan bermainnya. Rumah seperti bukit atau setengah lingkaran dan atapnya berupa rumput yang hijau. Nah di bromo juga terdapat bukit kecil-kecildan ditumbuhi rerumputan yang berwarna hijau. Oleh sebab itu lokasi ini dinamakan bukit teletubbies.

DESTINASI LAIN SEKITAR KAWASAN BROMO
Selain destinasi utama,di sekitar kawasan wisata bromo juga terdapat banyak spot wisata yang menarik dikunjungi. Spot wisata lain yang bisa anda kunjungi adalah sebagai berikut:
Air Terjun Madakaripura
Bagi anda yang datang dari arah Cemorolawang Probolinggo,setelah dari Bromo anda dapat mampir ke datang lokasi ini. Lokasi ini bisa di tempuh dari cemoro lawang sekitar 1 jam perjalanan, searah dengan arah pulang ke Pasuruan atau Surabaya. Ketika pertama kali Anda datang ke tempat ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum setelah melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Suasana tenang dihiasi suara air yang syahdu. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal ini akan Nampak ketika Anda berada dalam perjalanan menuju destinasi ini. Air terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun terindah di Jawa Timur.
Air Terjun Coban Pelangi
Bagi anda yang datang dari arah Malang atau sewa jeep Bromo dari Kota Malang, pulang dari kawasan Bromo anda bisa mampir ke Air terjun Coban Pelangi. Air terjun Coban Pelangi mempunyai ketinggian kurang lebih 90 meter dengan air yang jernih dan dingin. Di siang hari sering terdapat pelangi di kawasan air terjun, sehingga air terjun ini dinamakan air terjun Coban Pelangi. Pintu masuk Coban Pelangi tidak jauh dari pinggir jalan. Untuk kendaraan roda empat bisa parkir di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disedikan parkir didalam. HTM wisata Coban pelangi Rp. 8.000/per orang, masih cukup terjangkau. Memasuki area wisata coban pelangi, kita akan dibawa kejalan setapak berundak menurun cukup terjal. Sedangkan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun, sekitar 1 km.
Puncak B29 Agrosari
Selain 5 lokasi spot sunrise Bromo, ada juga lokasi tambahan untuk melihat keindahan sunrise Bromo,yaitu Puncak B29. Puncak B29 atau yang sering disebut sebagai Negeri diatas awan ini termasuk dalam kawasan taman nasional Bromo yang menjadi objek wisata Unggulan Kabupaten Lumajang. Ketinggian Puncaknya mencapai 2.900 m diatas permukaan air laut. Dengan ketinggian tersebut para wisatawan dapat melihat keindahan gumpalan awan dari tempat yang tinggi diatas gunung. Karena keistimewaan panorama awan pantai yang disajikan, maka wisata ini sering disebut sebagai negeri diatas awan. Namun lokasi ini lumayan jauh dari kawasan wisata Bromo, jalannya muter lewat desa Pane dan lanjut ke desa Agrosari kec.Senduro Lumajang.
Ranu Pane
Ranu Pane masih terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ranupane merupakan danau alliran air dari gunung Semeru. Semula luas Ranu Pani berkisar satu hektare lebih, namun kini diperkirakan tinggal 0,75 hektare akibat laju sedimentasi yang cepat. Penduduk desa Ranu Pani berjumlah sekitar 2.000 orang. Lokasi ini juga merupakan pos pendakian sebelum mendaki ke Gunung Semeru. Danau Ranupne terletak di desa Ranupane. Desa Ranupane merupakan desa terakhir sebelum Gunung Semeru. Desa ini dihuni oleh warga suku Tengger dan berada di ketinggian 2.100 mdpl. Setiap tahun, warga di desa selalu menggelar bersih desa dan ritual unan-unan yang dipimpin dukun adat. Penduduk desa Ranu Pani sebagai Suku Tengger, merupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit
Ranu Regulo
Danau ranu Regulo tidaklah jauh dari Ranu Pani hanya berjarak 500 meter dan jalannya sudah berupa pavingan yang sudah bagus. Ranu regulo berada di ketinggian 2100 Mdpl. Ranu regulo merupakan salah satu danau cantik yang ada di kaki gunung semeru dengan keadaan lingkungan yang sangat alami.karena kita akan di suguhkan indahnya perbukitan hijau mengelilingi danau yang jernih ini.Udara disini sangat segar dan dingin di tambah lagi suasana di Ranu Regulo tergolong sunyi hanya kita akan mendengar suara burung liar yang merdu membuat tempat ini serasa milik pribadi. Di Danu Ranu Regulo ini terdapat pula dermaga kecil membuat tempat ini semakin eksotis. Disini kita bisa mendirikan tenda jika ingin bermalam ataupun menginap karena sudah ada homestay di pinggir danau dengan harga yang terjangkau.
Ranu Kumbolo
Siapa yang belum tau tentang danau Ranu Kumbolo.. Lokasi ini sudah sangat terkenal apalagi di kalangan pendaki. Ranu Kumbolo termasuk spot favorit pendaki Gunung Semeru. Dari Ranu Pane menuju Ranu kumbolo lumayan jauh,anda harus jalan kaki kurang lebih 4-5 jam. Tapi perjalanan yang melelahkan ini akan terbalas tuntas ketika sudah mencapai lokasi Ranu Kumbolo. Danau yang sangat cantik dan airnya sangat jernih. Lokasi ini sering digunakan untuk kemping. Ketika matahari terbit lokasi ini lebih terlihat eksotis karena matahari muncul pas ditengah-tengah du bukit yang berada di kakan kiri danau.

Sewa Jeep Bromo dari pintu masuk
SUKU TENGGER
Penduduk asli kawasan Bromo merupakan Suku Tengger. Menurut mitos tentang asal usul Suku Tengger, Dahulu di pulau Jawa di perintah oleh Raja Brawijaya dari Majapahit yang mempunyai anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, keturunan Brahmana. Ketika terjadi pergolakan di pulau Jawa, sebagian masyarakat yang setia pada agama Hindu melarikan diri ke pulau Bali. Sebagian lainnya menarik diri dari dunia keramaian dan bermukim di sebuah dataran tinggi di kaki Gunung Bromo, dipimpin oleh Roro Anteng dan Joko Seger, jadilah mereka suku Tengger, kependekan dari AnTeng dan SeGer.
Bagi suku Tengger (penduduk bromo), Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan Tradisi pacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa. Selain itu, ternyata gunung bromo mempunyai asal usul dalam bentuk legenda.
Sebelum Rara Anteng dinikahi Joko Seger, banyak pria yang naksir. Maklum, kecantikannya sangat alami sebagaimana Dewi. Di antara pelamarnya, terdapat Kyai Bima, penjahat sakti. Rara Anteng tidak bisa menolak begitu saja lamaran itu. Ia menerimanya dengan syarat, Kyai Bima membuatkan lautan di atas gunung dan selesai dalam waktu semalam.
Kyai Bima menyanggupi persyaratan tersebut dan bekerja keras menggali tanah untuk membuat lautan dengan menggunakan tempurung (batok) yang bekasnya sampai sekarang menjadi Gunung Bathok, dan lautan pasir (segara wedhi) terhampar luas di sekitar puncak Gunung Bromo. Untuk mengairi lautan pasir tersebut, dibuatnya sumur raksasa, yang bekasnya sekarang menjadi kawah Gunung Bromo.
Rara Anteng cemas melihat kesaktian dan kenekatan Kyai Bima. Ia segera mencari akal untuk menggagalkan minat Kyai Bima atas dirinya. Ia pun menumbuk jagung keras-keras seolah fajar telah menyingsing, padahal masih malam. Mendengar suara orang menumbuk jagung, ayam-ayam bangun dan berkokok. Begitu pula burung. Kyai Bima terkejut. Dikira fajar telah menyingsing. Pekerjaannya belum selesai. Kyai Bima lantas meninggalkan Bukit Penanjakan. Ia meninggalkan tanda-tanda:

1.Segara Wedhi, yakni hamparan Lautan pasir di bawah Gunung Bromo
2.Gunung Batok, yakni sebuah bukit yang terletak di selatan Gunung Bromo, berbentuk seperti tempurung yang ditengkurapkan.
3.Gundukan tanah yang tersebar di daerah Tengger, yaitu: Gunung Pundak-lembu, Gunung Ringgit, Gunung Lingga. Gunung Gendera, dan lain-lain

JENIS KENDARAAN JEEP BROMO
Untuk mengexplore kawasan gunung diperlukan kendaraan yang mumpuni untuk membawa penumpang. Kendaraan yang disepakati untuk mengantar wisatawan Bromo adalah Jeep Hardtop. Hardtop ini juga lebih dikenal dengan sebutan Jeep, padahal ini merk buatan Toyota. Ya hal itu karena kebiasaan dan image yang terbentuk bahwa kendaraan SUV di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Jeep. Dari berbagai jenis tadi yang paling banyak kita temui adalah 40 series yaitu FJ40 dan BJ40. FJ40 menggunakan mesin bensin 4000 cc sedangkan BJ40 menggunakan mesin diesel 3000 cc. Mobil hardtop saat ini tetap memiliki harga yang relatif mahal, mulai 80 juta sampai 500 juta. Mobil ini dimiliki kalangan tertentu yang mayoritas pecinta mobil klasik. Mobil hardtop ini paling banyak populasinya di Gunung Bromo, karena ini merupakan kendaraan pembawa penumpak yang menikmati wisata Bromo. Kapasitas mobil hardtop ini menampuk 7 penumpang termasuk driver, dengan konfigurasi tempat duduk depan 3 orang (driver dan 2 penumpang) dan 4 dibelakang (2 kanan 2 kiri berhadap-hadapan). Mobil ini dikenal sangat tangguh dan kaki-kaki yang kuat, serta dilengkapi 4 penggerak roda atau 4wd.

Namun selain kelebihannya tadi, Hardtop memiliki beberapa kelemahan. Dengan kapasitas mesin sebesar itu hardtop dikenal sebagai mobil yang cepat haus atau boros dengan konsumsi BBM rata-rata 1;6. Selain itu sparepart juga sudah langka dan mahal.Jadi jika ada yang bilang harga sewa jeep di Bromo cenderung mahal karena konsumsi BBM dan perawatan kendaraan yang mahal juga.