Seruni Point merupakan spot Bromo yang sedang hits saat ini. Lokasi ini berada di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari,Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Spot ini aslinya sudah lama dikunjungi para wisatawan,namun setelah direnovasi oleh Pemerintah, tempat ini menjadi lebih bagus dan semakin populer

Lokasi Sunrise Bromo Yang Sangat Indah

Lokasi ini merupakan alternatif untuk melihat keindahan sunrise Bromo. Biasanya beberapa wisatawan lebih memilih lokasi ini dibanding Penanjakan 1 karena relatif lebih sepi sehingga pengunjung bisa lebih puas berfoto-foto dan menikmati keindahan sunrise Bromo.

sumber: anekphoto flickr

Keindahan sunrise juga tidak kalah dengan penanjakan 1 karena cenderung sama. lokasi ini hanya sedikit lebih rendah dibanding Penanjakan 1. Jika cuaca di penanjakan 1 berkabut, terkadang di Seruni Point justru cerah. Tetapi kita tidak memastikan,karena ini faktor alam.

view Bromo yang Eksotis

Di lokasi ini anda akan melihat pemandangan yang eksotis. Ada beberapa keistimewaan tempat ini. Saat ini telah dibangun semacam gapura besara atau candi di atas puncak Seruni dan hal ini terlihat sangat bagus untuk dijadikan latar belakang foto-foto traveling kita. Bangunan ini baru selesai dibangun pada akhir Desember 2018 oleh Pemerintah. Untuk membangun kemegahan nan menawan di sekitar Bromo ini dibutuhkan setidaknya waktu 6 bulan dan dana tidak kurang dari Rp 5 Miliar. Namun dana sekian banyak tidak sia-sia karena lokasi ini memang jadi lebih menarik dan mendatangkan banyak wisatawan.

sumber: anekphoto flickr

Di Seruni point anda akan bisa melihat hamparan lautan pasir Bromo dari atas dan melihat formasi berjejer gunung-gunung di Bromo. Gunung-gunung itu adalah gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan juga Gunung Semeru tampak di kejauhan. Pemandangan ini hampir sama persis ketika kita di penanjakan 1, namun bagi sebagian orang merasa lebih bagus melihat Bromo dari lokasi ini karena jaraknya lebih dekat dengan gunung Bromo

Selain itu ada view pemandangan desa Cemorolawang tampak dari atas dan sungguh eksotis pada saat terpendar cahaya matahari terbit. Apalagi pada saat ada kabut yang naik dari kaldera menuju kawasan pedesaan, dan ada ROL (Ray of light) dari cahaya sunrise menjadikan pemandangan ini menjadi luar biasa

sumber:gotrevelly

Oleh karena itu banyak fotografer profesional banyak yang memilih seruni point untuk dijadikan lokasi pemotretan. Baik hanya sekedar hunting foto maupun untuk keperluan prewedding dan sebagainya. Hal ini karena keindahan pemandangan yang disguhkan serta karena cenderung lebih sepi dibanding spot Penanjakan 1.

Sewa Jeep Bromo Untuk Menuju Seruni Point

Untuk menuju lokasi ini biasanya pengunjung yang datang ke pintu masuk Bromo jalur Cemorolawang Probolinggo atau juga Pengunjung yang menggunakan jasa sewa jeep Bromo dari Malang. Setelah naik jeep anda akan diantar sampai daerah parkiran Seruni. Nah kelemahannya tempat ini adalah akses jalan menuju Puncak Seruni cukup melelahkan. setelah turun dari Jeep Bromo,anda akan jalan kaki di jalan cor yang cukup menanjak kurang lebih sejauh 800 meter. Setelah mendaki jalan yang cukup menanjak, setelah itu anda akan naik 250 an anak tangga untuk sampai ke Puncak Seruni.

Namun perjalanan anda yang cukup melelahkan ini akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan. Jika anda membutuhkan tantangan untuk melihat sunrise, maka lokasi ini bisa dijadikan pilihan utama. Namun jika anda ingin menhemat tenaga anda bisa memilih Penanjakan 1 atau Bukit Kingkong segbagai destinasi sunrise bromo.

Please rate this