5 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Gunung Bromo

5 destinasi wisata menarik di sekitar kawasan wisata gunung Bromo – Mendengar wisata gunung Bromo mungkin sobat traveler sudah tak asing lagi.Wisata paling menarik di Jawa Timur bahkan salah satu icon wisata di Indonesia. Gunung Bromo menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa dan bervairiatif, mulai pemandangan sunrise yang eksotis, pemandangan gunung yang sagat indah, hamparan padang pasir yang sangat mengagumkan, serta padang rumput hijau yang sangat menyejukkan. Explore Bromo ke semua spot menggunakan jeep bromo mungkin sudah membuat anda sangat puas, namun tidak ada salahnya anda mengunjungi beberapa spot menarik lain di sekitar wisata bromo. Berikut kami rangkumkan 5 destinasi menarik di sekitar Gunung Bromo:

1. Air Terjun Madakaripura

Bagi anda yang datang dari arah Cemorolawang Probolinggo,setelah dari Bromo anda dapat mampir ke datang lokasi ini. Lokasi ini bisa di tempuh dari cemoro lawang sekitar 1 jam perjalanan, searah dengan arah pulang ke Pasuruan atau Surabaya. Ketika pertama kali Anda datang ke tempat ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum setelah melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Suasana tenang dihiasi suara air yang syahdu. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal ini akan Nampak ketika Anda berada dalam perjalanan menuju destinasi ini. Air terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun terindah di Jawa Timur.

https://www.nativeindonesia.com/wp-content/uploads/2018/11/Madakaripura-Blue-1.jpg
source: https://www.nativeindonesia.com/wp-content/uploads/2018/11/Madakaripura-Blue-1.jpg

Air terjun madakaripura berada pada ketinggian kurang lebih 700 mdpl, sehingga membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan teduh. Air terjun utama kurang lebih 200  sehingga ini diklaim sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Trekking kurang lebih 2 km,anda akan menemui air terjun pembuka, karena air terjun ini memeliki debit yang lebih kecil, serta tidak terlalu tinggi.Namun ada yang bilang justru air terjun pembuka ini yang memiliki daya tarik tersendiri dibanding air terjun utama, karena di sini terdapat beberapa air terjun dan berjejer, dengan debit kecil sehingga air yang turun begitu lembut.

Air terjun ini unik karena air keluar dari sela-sela tebing yang ditumbuhi tanaman semak serta lumut hijau,sehingga terlihat sangat cantik dan menyejukkan. Setelah melewati air terjun pembuka anda akan menemui air terjun utama yang memeiliki ketinggian 200 meter tadi. Saking tingginya air terjun ini, air yang turun menjadi lebih halus, seperti butiran-butiran air yang turun dari langit.

Ai terjun Madakaripura mempunyai nilai historis yang cukup kental, karena konon air terjun ini merupakan lokasi bertapanya Mahapatih Majapahit yaitu Gajamada. Nama Madakripura juga diambil dari nama Majapahit, Mada berarti Gajahmada, Kari berarti tinggal (peninggalan),Pura berarti tempat sembahyang atau bertapa. Karena faktor historis tadi, di lokasi gerbang air terjun Madakaripura dibangun patung Gajahmada. Madakaripura disebut sebagai 5 destinasi wisata di sekitar gunung bromo yang patut untuk dikunjungi.

2. Rafting di Sungai Pekalen Probolinggo

Setelah atau sebelum ke Bromo, anda juga perlu mencoba wisata yang menguji adrenalin berupa rafting. Rafting saat ini tidak hanya dilakukan oleh para penggiat alam bebas saja, namun sekarang sudah disuguhkan sebagai wisata minat khusus bagi wisatawan. Tak perlu jauh-jauh ke Bali, karena Jawa Timur sendiri memiliki sejumlah potensi wisata yang cocok untuk aktivitas rafting. Salah satunya adalah di daerah Probolinggo, tepatnya di Sungai Pekalen yang ada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris. Rafting Sungai Pekalen merupakan salah satu dari 5 Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Bromo.

Lokasi rafting ini merupakan Sungai terbaik untuk wisata rafting di Jawa timur, karena alierannya cukup deras, airnya jernih, serta pemandangan kanan kiri sungai yang sangat indah. Di sungai ini anda bisa merasakan ketegangan kala melewati jeram dan berteriaklah dengan lepas kala melewati jeram. Sejenak anda bisa melupakan segala beban di pikiran anda dan rasakan perasaan lega dan puas usai anda melakukan arung jeram sambil menikmati keindahan alamnya yang hijau menenangkan.

Rafting sungai Pekalen - Songa Rafting
https://i0.wp.com/songa-rafting.com/wp-content/uploads/2012/03/songa-rafting-outbound-malang-www.outboundindonesia.com-085855494440.jpg

Sungai Pekalen yang digunakan untuk wisata rafting sepanjang 39 km. Air sungai ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan serta terbagi dalam tiga zona, yakni Sungai Pekalen Atas dengan jarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah dengan jarak 10 km. Sungai dengan lebar antara 5-20 meter ini memiliki kedalaman antara 1 hingga 3 meter. Untuk wisata yang paling extreme berada pada jalur pekalen atas, karena alirannya lebih deras, dan jermnya lebih banyak. Di sini juga terdapat air terjun dari samping kiri sungai. Air terjun ini terletak di tebing kiri sungai pekalen, dan tebing itu dihuni banyak kelelawar. Di sungai Pekalen ada 3 operator rafting yaitu, Songa Rafting,Regulo Rafting, dan Noars rafting. Harga rafting di sini mulai dari 250 an perorang sampai harga 400 an perorang. Harga tersebut layak jika dibandingkan dengan tantangan jeram yang sangat mengesankan.

3. Air Terjun Coban Pelangi
Coban Pelangi - Wisata Bromo
Coban Pelangi

Bagi pengunjung Bromo yang datang dari arah Malang atau sewa jeep Bromo dari Kota Malang, pulang dari kawasan Bromo anda bisa mampir ke Air terjun Coban Pelangi. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius. Air terjun Coban Pelangi mempunyai ketinggian kurang lebih 90 meter dengan air yang jernih dan dingin.

Di siang hari sering terdapat pelangi di kawasan air terjun, sehingga air terjun ini dinamakan air terjun Coban Pelangi. Pintu masuk Coban Pelangi tidak jauh dari pinggir jalan. Untuk kendaraan roda empat bisa parkir di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disedikan parkir didalam. HTM wisata Coban pelangi Rp. 8.000/per orang, masih cukup terjangkau. Memasuki area wisata coban pelangi, kita akan dibawa kejalan setapak berundak menurun cukup terjal. Sedangkan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun, sekitar 1 km.

 

4. Ranu Pane

Ranu Pane masih terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ranupane merupakan danau alliran air dari gunung Semeru. Semula luas Ranu Pani berkisar satu hektare lebih, namun kini diperkirakan tinggal 0,75 hektare akibat laju sedimentasi yang cepat. Penduduk desa Ranu Pani berjumlah sekitar 2.000 orang. Lokasi ini juga merupakan pos pendakian sebelum mendaki ke Gunung Semeru. Danau Ranupne terletak di desa Ranupane. Desa Ranupane merupakan desa terakhir sebelum Gunung Semeru. Desa ini dihuni oleh warga suku Tengger dan berada di ketinggian 2.100 mdpl. Setiap tahun, warga di desa selalu menggelar bersih desa dan ritual unan-unan yang dipimpin dukun adat. Penduduk desa Ranu Pani sebagai Suku Tengger, merupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit

5. Ranu Regulo

Danau ranu Regulo tidaklah jauh dari Ranu Pani hanya berjarak 500 meter dan jalannya sudah berupa pavingan yang sudah bagus. Ranu regulo berada di ketinggian 2100 Mdpl. Ranu regulo merupakan salah satu danau cantik yang ada di kaki gunung semeru dengan keadaan lingkungan yang sangat alami.karena kita akan di suguhkan indahnya perbukitan hijau mengelilingi danau yang jernih ini.Udara disini sangat segar dan dingin di tambah lagi suasana di Ranu Regulo tergolong sunyi hanya kita akan mendengar suara burung liar yang merdu membuat tempat ini serasa milik pribadi. Di Danu Ranu Regulo ini terdapat pula dermaga kecil membuat tempat ini semakin eksotis. Disini kita bisa mendirikan tenda jika ingin bermalam ataupun menginap karena sudah ada homestay di pinggir danau dengan harga yang terjangkau.

Demikian ulasan mengenai  5 Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Bromo. Untuk informasi dan reservasi mengenaii wisata dan sewa jeep Bromo, anda dapat menghubungi contact admin berikut:

SEWA JEEP BROMO

Call/WA: 085649100861 -085334996646

Email: irhammabruri524@gmail.com

Please rate this